Info Wisata Bali menyajikan informasi seputar tempat wisata bali serta tips - tips berwisata di bali.

Friday, March 24, 2017

Pura Uluwatu, Peta Wisata Pura Dari Bali

Pura Uluwatu adalah sebuah pura yang ada di pulau Bali. Banyak Pura yang ada di Bali membuat Bali mempunyai sebutan sebagai pulau seribu Pura. Berlokasi di kawasan Pecatu tepatnya di desa Pecatu, sebelah selatan Kuta. Pura ini sebenarnya sama saja dengan Pura lain yang ada di kawasan lain di Bali.

Pura Uluwatu
Pura Uluwatu


Yang berbeda adalah karena Pura ini berada di atas tebing batu karang yang sedikit curam. Ketinggian Pura ini sekitar 97 km di atas permukaan laut. Karena berada di tebing, pemandangan Pura akan sangat indah jika dilihat dari kejauhan. Gabungan laut, bukit dan Pura yang berdiri tegak menjadikan Uluwatu selalu ramai oleh pengunjung, baik dari wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri.

Pura Uluwatu dan secuil sejarahnya


Jika anda ke Bali, sayang rasanya jika tidak mengunjungi Pura Uluwatu. Sisipkan daerah Uluwatu diantara planning rencana wisata anda selama di Bali. Selain menyimpan keindahan panorama, Pura yang satu ini juga menyimpan sebuah sejarah dibalik berdiri tegaknya Pura. Menurut masyarakat Bali, Pura ini adalah termasuk salah satu Pura tertua yang ada di Bali.

Dituturkan pada jaman dahulu, seseorang yang bernama Mpu Kuturan, penyebar agama Hindu tiba di daerah Uluwatu. Hatinya mendengar sebuah bisikan yang menyatakan bahwa di Uluwatu adalah tempat yang sangat bagus untuk berdoa. Sebelumnya Pura ini memang sudah disucikan sejak tahun 500 SM. Mpu Kuturan akhirnya memperluas bangunan Pura agar lebih luas dari sebelumnya. Hal tersebut terjadi abad ke 16.

Pura ini unik karena berada di atas tebing karang dan lazimnya batu karang, pasti lama-lama akan tergerus air laut yang menerpanya setiap hari. Namun karang alas Pura Uluwatu tidak terkikis sedikitpun. Pura ini masuk dalam kategori Pura Sad Khayangan yang berarti urat nadi spiritual Bali atau pelindung yang utama dan pemberi berkah dan juga sebagai pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat Hindu Bali.

Saat ke Uluwatu, akan anda lihat banyak kera abu-abu seperti monkey forest Ubud. Ya, Pura ini juga berada di dekat sebuah hutan kecil yang bernama Alas Kekeran. Ratusan kera abu-abu mendiami hutan tersebut sehingga tak mengherankan jika ada beberapa kera yang terlihat di lingkungan Pura sedang bermain-main.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Uluwatu, Peta Wisata Pura Dari Bali